Bidang Spesialis Teratas di Industri Desain Interior

Bidang Spesialis Teratas di Industri Desain InteriorIndustri desain interior memiliki berbagai bidang khusus yang melampaui tugas desain sederhana untuk meningkatkan kualitas dan fungsionalitas ruang interior.

Ketika industri terus berkembang, desainer interior mendefinisikan ulang peran mereka dalam profesi, dengan banyak dari mereka menilai kembali apa artinya menjadi desainer interior profesional.

Sementara kebanyakan orang berpendapat bahwa ruang lingkup layanan desain interior terbatas pada bagian dalam bangunan – rumah, kantor, sekolah, fasilitas kesehatan, restoran, dll. Sekarang diketahui bahwa ruang eksterior, merchandising, dan arsitektur juga bidang dalam pekerjaan ini.

Apa sebenarnya pekerjaan desainer interior?

Bidang Spesialis Teratas di Industri Desain Interior
Bidang Spesialis Teratas di Industri Desain Interior

Pekerjaan seorang desainer interior pada dasarnya adalah untuk menciptakan interior yang tidak hanya menyenangkan secara estetika dengan penggunaan perabotan dekoratif, skema warna, pencahayaan, dan material, tetapi juga untuk memastikan bahwa ruang-ruang serba guna, fungsional, ditata secara efisien, dan aman untuk hidup dalam .

Desainer profesional juga diharapkan mahir dalam menggambar teknis dan perencanaan ruang dan harus mampu membaca cetak biru, mengetahui kode bangunan, standar yang dapat diakses secara universal, dan peraturan inspeksi.

Mengetahui cara menggunakan perangkat lunak desain (CAD) selalu merupakan keuntungan tambahan.

Namun, ada banyak peluang karir di industri ini dan seorang desainer dapat menjadi spesialis di bidang tertentu dan memberikan saran interior profesional di bidang mana pun dan ada banyak alasan yang jelas mengapa memilih ceruk khusus lebih disukai menjadi Jack. -dari semua perdagangan.

Bidang Khusus dalam Desain Interior

Permintaan saran desain interior profesional oleh pemilik rumah, arsitek, industri real estat, pengecer, hotel, toko perbaikan rumah, restoran, dll. Tidak pernah berkurang dan permintaan ini diperkirakan akan terus memacu pertumbuhan pekerjaan bagi desainer interior setiap tahun .

Ketika seorang desainer memperoleh lebih banyak pengalaman dan pemahaman tentang aspek bisnis dari perdagangan, termasuk mengelola klien dan tim kerja, menyusun jadwal kerja, rencana proyeksi, dan laporan keuangan yang relevan, ia dapat memutuskan untuk melakukan cabang hanya ke satu sisi saja. profesi yang lebih menarik, dan, menyediakan layanan desain interior untuk itu.

Namun, banyak siswa desain interior memilih garis spesialisasi (atau telah memutuskan satu) saat masih di sekolah desain.

Baca Juga : Konsep Desain Ruang Kantor Terbaik

Spesialisasi membedakan desainer interior profesional dari dekorator interior kreatif atau penggemar desain. Relung karier khusus dalam industri desain interior meliputi layanan berikut, tanpa urutan tertentu:

  1. Layanan desain interior perumahan
  2. Perancangan interior komersial
  3. Desain Ritel
  4. Jasa konsultasi desain interior
  5. Desain Pencahayaan
  6. Konsultan perencanaan ruang
  7. Desain pameran
  8. Desain berkelanjutan
  9. Atur Desain

Ada banyak spesialisasi lain yang mungkin menarik bagi para desainer interior yang ingin mengkhususkan diri dalam bidang dalam industri ini. Meskipun mereka biasanya tidak disebutkan, Anda dapat membuat karir mereka, dan mereka sama-sama pekerjaan desain interior yang menguntungkan. Mereka termasuk:

  • Desain interior kapal dan kapal pesiar
  • Desain interior pesawat
  • Desain interior RV
  • Jasa manajemen proyek desain interior
  • Desain department store
  1. Layanan Desain Interior Rumah Tinggal

Desainer interior perumahan dapat menyediakan layanan untuk pemilik rumah, toko perbaikan rumah, arsitek, dan perusahaan real estat. Sebagian besar desainer hunian memiliki bisnis sendiri dan oleh karena itu wiraswasta. Mereka juga dapat bekerja sebagai freelancer, di perusahaan desain interior kecil, perusahaan arsitektur, atau untuk konsultan desain interior.

Sebagai desainer perumahan, diharapkan Anda dapat melakukan renovasi rumah kecil (atau besar), dan dapat mencakup pengembangan tata letak rencana dan cetak biru. Layanan renovasi dapat mencakup apa saja mulai dari pemindahan / reposisi pintu, jendela, dan dinding, hingga tugas lebih banyak seperti alokasi ruang, membangun lemari khusus (dapur, fasilitas penyimpanan, dan lemari pakaian), furnitur khusus, dan lantai.

Desainer interior residensial juga akan membantu klien memilih item furniture jepara, perabot, tekstur, dekorasi interior umum, dan pencahayaan serta penggunaannya yang efektif, alokasi ruang, dan skema warna. Anda juga dapat menyarankan pemilihan gaya, penggunaan karya seni, lantai dan perawatan jendela.

  1. Perancangan Interior Komersial

Layanan desain interior yang disediakan untuk ruang publik dan bangunan komersial disebut sebagai desain interior komersial. Desainer interior komersial menyediakan saran dan layanan desain interior untuk klien yang mencari tugas seperti perencanaan ruang dan desain kantor, restoran, hotel, pusat hiburan, pusat komunitas, studio, toko, butik, museum, bank, sekolah, dan perpustakaan.

Dalam banyak kasus, seorang desainer interior komersial Anda dapat bekerja sama dengan arsitek, pembangun, dan insinyur untuk memastikan desain keseluruhan memenuhi tujuan fungsional dan berada dalam anggaran yang ditentukan. Profesionalisme harus tercermin dalam menciptakan ruang interior yang kondusif, estetis, fungsional, dan memberdayakan bagi karyawan, pelanggan mereka, dan / atau klien.

Layanan desain interior komersial juga mencakup pemilihan lapisan interior yang sesuai untuk lantai, dinding dan langit-langit, memungkinkan akustik dan pencahayaan yang efektif, memilih furnitur dan perabotan, dan memastikan bahwa semua elemen interior ditempatkan dengan baik bersama dan diatur dengan cara yang sesuai untuk tempat komersial.

  1. Desain Ritel

Layanan desain ritel dapat dikaitkan dengan berbagai situs seperti pusat perbelanjaan, strip dan mini-mal, etalase toko, butik, toko-toko kecil, dan telah terbukti menarik, meskipun menantang bidang khusus dalam desain interior.

Ini menantang karena membutuhkan bakat dan keterampilan, dan mungkin prosedural dan kompleks, tergantung pada ukuran dan skala toko, sementara itu dapat menarik karena melibatkan penggabungan arsitektur, perencanaan dan komposisi ruang yang luas, desain pencahayaan, tampilan desain, gambar signage, desain perlengkapan toko, dan skema warna yang disempurnakan, hanya untuk menyebutkan beberapa saja.

Pengalaman berhasil menggabungkan semua ini ke dalam interior struktur satu bangunan cukup menyenangkan bagi banyak desainer ritel.

Lingkungan ritel memungkinkan ruang interior untuk mencerminkan sudut pandang desainer interior, seperti karya seni spasial yang terbuka untuk dilihat dan dikagumi ratusan (kadang-kadang ribuan) pelanggan. Desain dengan solusi elegan dibangun ke dalam lingkungan yang harus memenuhi kebutuhan tidak hanya klien tetapi juga oleh pengguna dan pelanggan.

Desainer interior ritel memiliki satu tujuan tunggal, dan itu adalah untuk menarik (atau merayu) pelanggan yang membeli potensial untuk berjalan ke luar angkasa dan berada di area santai yang kondusif untuk membuat setidaknya, satu atau dua pembelian.

  1. Layanan Konsultasi Desain Interior

Seorang perancang interior mungkin lebih suka mengkhususkan diri hanya pada aspek jasa konsultasi dari desain interior. Layanan profesional sebagai konsultan desain interior mengharuskan menasihati klien tentang apa pun yang terkait dengan desain ruang interior apa pun.

Sebagai konsultan desain Interior, Anda dapat bekerja di perusahaan konsultan arsitektur atau desain. Perusahaan real Reals juga menggunakan jasa konsultan desain interior untuk membantu meningkatkan daya tarik properti bagi pembeli potensial. Anda juga dapat bekerja dengan perusahaan mebel, wiraswasta, atau bekerja secara mandiri.

Ada banyak tugas mendasar yang terkait dengan layanan konsultasi dan mereka termasuk pertemuan pertama dengan calon klien untuk menilai kebutuhan desain mereka, membuat rencana lantai skematis untuk ruang baru atau yang sudah ada, merumuskan rencana dan cetak biru yang juga menentukan semua bahan, di mana untuk mencari produk dan penganggaran .

Tingkat kreativitas yang tinggi dan kemampuan untuk menggunakan CAD (perangkat lunak perancangan berbantuan komputer) sangat penting karena harus ada gambar presentasi dan bolak-balik antara perancang dan klien hingga konsep yang diinginkan tercapai.

  1. Desain Pencahayaan

Desain pencahayaan sangat penting untuk semua ruang interior dan banyak desainer interior bekerja hanya di ceruk ini. Desain pencahayaan untuk efek khusus adalah seni tersendiri, dan tugasnya meliputi pengembangan desain pencahayaan untuk proyek perumahan dan komersial mulai dari rumah dan kantor hingga teater, museum, panggung, lokasi acara, mal, toko, bioskop, dll .

Layanan desain pencahayaan juga dapat mencakup iluminasi kreatif struktur eksterior seperti air mancur, taman, monumen, dan banyak landmark luar ruangan lainnya. Sebagai perancang pencahayaan, Anda harus memutuskan dan memilih jenis, gaya, penataan, dan jumlah pencahayaan yang terbaik untuk keperluan ruang interior. Kemungkinan Anda mungkin harus bekerja dengan insinyur listrik dan pedagang perlengkapan lampu untuk mencapai keberhasilan implementasi proyek Anda.

Misalnya, dalam industri film, desainer pencahayaan akan bekerja dalam kolaborasi dengan manajer panggung, desainer set dan desainer kostum untuk skema pencahayaan desain terbaik yang menginspirasi suasana cerita, sambil memastikan persyaratan keselamatan terpenuhi.

  1. Konsultan Perencanaan Ruang

Bidang dalam desain interior ini juga dapat berada dalam ceruk konsultasi desain interior, namun demikian, bidang ini juga dapat menjadi bidang khusus (berdiri sendiri). Ini melibatkan perencanaan ruang, alokasi ruang, dan tata letak desain interior yang fungsional dan mudah beradaptasi.

Semua saran desain interior profesional dimulai sejak awal dan ditafsirkan melalui perencanaan ruang dan apakah Anda sedang mengembangkan tata letak untuk satu ruangan, apartemen, atau seluruh bangunan, perlu mengidentifikasi persyaratan dan fungsi ruang, berdasarkan kebutuhan klien dan ketersediaan ruang.

. Sebelum konsultan perencanaan ruang berproses, ia perlu menentukan:

  • Di mana mebel jepara dan perabotan akan ditempatkan
  • Apakah diperlukan perluasan atau pengurangan ruang
  • Cara membuat arus lalu lintas yang bekerja secara efisien
  • Bagaimana memenuhi kode bangunan yang ditentukan
  • Bagaimana itu akan masuk ke dalam anggaran yang ditentukan sebelumnya
  • Cara memastikan desain ruang praktis

Konsultan perencanaan ruang dapat bekerja sebagai asisten desain interior di perusahaan desain interior, perusahaan arsitektur, atau toko perbaikan rumah, dan industri real estat dan harus dapat menggunakan program perangkat lunak desain berbantuan komputer (CAD) untuk membuat presentasi desain 2D dan 3D.

  1. Layanan Desainer Pameran

Mengkhususkan diri dalam mendesain pameran adalah pilihan utama lain untuk desainer interior. Perancang pameran yang juga berada di bawah kelompok perancang interior komersial, menyediakan layanan desain interior untuk keperluan pameran dagang. Mereka membuat pajangan, perlengkapan, dan perlengkapan untuk pameran besar, pertunjukan, bisnis, museum, perpustakaan, pameran dagang, peragaan busana, galeri seni, dan perusahaan swasta.

Tugas perancang pameran yang mencakup perencanaan, perancangan, dan implementasi, dapat berjalan selama beberapa bulan, misalnya, di museum, atau dapat diselesaikan dalam waktu 24 jam, untuk pameran bisnis. Mereka dapat bekerja penuh waktu untuk sebuah museum atau untuk manajer acara atau produser independen.

Keterampilan dalam desain konseptual sangat penting untuk menjadi sukses di bidang ini, dan desain dengan bantuan komputer (CAD) dan pembuatan model, aspek penting dari pekerjaan, diperlukan untuk mengembangkan dan menyajikan ide-ide desain interior secara profesional.

Selain mengembangkan konsep desain, perancang pameran mungkin juga harus mengawasi konstruksi dan pemasangan pameran, memesan persediaan yang diperlukan, dan mungkin harus bekerja dengan spesialis lain seperti desainer pencahayaan atau seniman media visual.

  1. Desain Interior Berkelanjutan

Ini adalah salah satu daerah yang paling cepat berkembang spesialisasi desain interior di 21 st abad. Layanan desain interior berkelanjutan menggabungkan gaya hidup sehat dan “hijau” atau berkelanjutan dengan desain interior konvensional. Ini berfokus pada peningkatan kualitas kehidupan di dalam ruangan serta penghematan energi, mengurangi polusi dan dampak yang dimiliki bahan dekorasi interior terhadap lingkungan kita.

Dari pengumpulan air hujan untuk melengkapi kebutuhan air limbah hingga menggunakan bahan ramah lingkungan seperti bambu dan kapas organik, inovasi sangat tinggi karena ada beberapa cara untuk mengambil pendekatan hijau dalam hal mendesain ruang interior yang berkelanjutan.

Baca Juga : Desain Ruang Makan Terbaik yang Nyaman

Sebagai spesialis desain berkelanjutan, proyek Anda harus mencerminkan yang berikut:

  • Penggunaan ruang yang efisien (mis. Pengembangan perumahan mikro) dengan mengurangi bahan konstruksi interior, menggunakan fasilitas bawaan, dan umumnya mengurangi sumber daya lainnya seminimal mungkin.
  • Pengurangan konsumsi energi – lantai dengan bahan ‘hangat’ seperti kayu berkelanjutan, jendela dan pintu yang memaksimalkan efisiensi energi, dan perlengkapan hemat air.
  • Pengurangan limbah dengan menggunakan bahan reklamasi / daur ulang. Misalnya, perabot dan perabot digunakan kembali atau diperbaharui untuk memberi mereka kesempatan hidup baru.
  • Penggunaan pencahayaan hemat energi dengan memaksimalkan penggunaan cahaya alami dan meminimalkan penggunaan pencahayaan buatan yang berlebihan.
  • Upaya sadar untuk menggunakan bahan dan produk yang tidak berpolusi dan menggunakan produk-produk bebas bahan kimia yang aman seperti kayu yang belum dirawat dengan pestisida dan furnitur hypoallergenic.
  1. Atur Desain

Satu set spesialis mendesain dan menciptakan set yang digunakan oleh seniman pertunjukan, pembuat film, dan untuk drama teater. Juga disebut sebagai ‘desain scenic’, sebagian besar pekerjaan desainer adalah di bidang hiburan, meskipun ada beberapa industri lain yang menggunakan layanan spesialis ini.

Besarnya pekerjaan perancang set bervariasi dan mungkin sesederhana hanya menyiapkan furnitur di atas panggung, atau serumit menciptakan kembali lokasi yang rumit seperti interior pesawat ruang angkasa atau seluruh ruang dalam ruangan kastil abad pertengahan.

Sebagai perancang set profesional, Anda harus memiliki sensitivitas spasial dan memiliki pengetahuan tentang fungsionalitas dan estetika artistik. Anda akan menemukan kualitas-kualitas ini di antara perancang set yang paling sukses. Proses desain termasuk membaca skrip dan ‘hidup’ dalam cerita, meneliti secara ekstensif narasi, dan memperhatikan pengaturan dan deskripsi latar belakang.

Sementara membuat desain yang ditetapkan untuk produksi film dan teater saat ini mungkin kurang menantang untuk desain yang ditetapkan, ada kebutuhan untuk tetap mengeksplorasi dan menyelidiki dengan melakukan kunjungan fisik ke suatu lokasi atau melalui studi jurnal, foto, dan buku.

Source : https://mishagallery.com