Kalian Harus Tau, Perbedaan Antara Desainer Interior dan Arsitek Interior?

Kalian Harus Tau, Perbedaan Antara Desainer Interior dan Arsitek Interior? – Banyak orang berpikir layanan desain interior dan layanan arsitektur interior adalah sama. Meskipun ada banyak kesamaan antara dua layanan dan banyak di industri desain sering menggunakan kata-kata secara bergantian, ada beberapa perbedaan antara desain interior dan arsitektur interior dan layanan yang keduanya berikan.

Namun, baik layanan desain interior dan layanan arsitektur interior sangat terkait, merupakan bagian dari industri yang sama, dan berada dalam alur yang sama.

Jika Anda berniat untuk menggunakan jasa desainer tetapi tidak yakin apakah Anda membutuhkan desainer interior atau arsitek interior, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang diharapkan dari kedua profesi tersebut dan tahu apakah yang terbaik untuk mendapatkan layanan dari seorang desainer. atau yang lainnya.

Jika Anda seorang siswa dan merenungkan “yang akan dipelajari,” artikel ini akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dan lebih banyak informasi tentang jalan yang harus diambil.

Perbedaan Desain Interior dan Arsitek Interior
Perbedaan Desain Interior dan Arsitek Interior

Jasa Desain Interior

Layanan desain interior melampaui apa yang Anda harapkan dari dekorator interior. Desainer interior tidak hanya menawarkan semua layanan desain yang dapat ditawarkan oleh dekorator interior, tetapi mereka juga lebih dari sekadar mendekorasi dan ‘menata’ ruang interior.

Bagian dari layanan desainer interior profesional memiliki beberapa aspek teknis termasuk mahir dengan perangkat lunak CAD seperti Desain Rumah 3D, RoomSketcher, dan meskipun lebih sulit digunakan daripada keduanya, AutoDesk.

Menyediakan layanan desain melibatkan komunikasi ide yang eksplisit dan implementasi instruksi yang efektif dalam cara profesional teknis menggunakan gambar rinci, spesifikasi, jadwal, dan suasana hati.

Seorang desainer interior akan berkonsultasi dengan klien potensial untuk memastikan ruang lingkup pekerjaan.

Meliputi :

  • Perencanaan ruang
  • Produksi denah lantai, elevasi, ilustrasi 3D, gambar yang berfungsi untuk membuat seperangkat cetak biru
  • Desain Pencahayaan
  • Desain khusus: pekerjaan konstruksi interior, desain dapur, solusi penyimpanan, kamar mandi, dan desain kamar tidur,
  • Skema warna yang terkoordinasi
  • Desain untuk furnitur khusus (jika diperlukan)

Desainer interior dapat menyediakan layanan desain perumahan dan komersial sementara beberapa di bidang desain interior khusus dapat melakukan proyek yang melibatkan proyek komersial yang tidak rumit seperti hotel, kantor, dan restoran. Lainnya menyediakan layanan untuk firma arsitektur besar yang siap membayar desainer papan atas gaji yang besar.

Layanan yang Ditawarkan oleh Arsitek Interior

Seperti yang kita tahu, istilah arsitektur interior dan desain interior berkali-kali dikelompokkan di bawah dan disebut sebagai desain interior, tetapi arsitek interior mengambil tugas yang lebih kompleks daripada desainer interior.

Arsitektur interior mencakup analisis desain dan konstruksi interior, pengetahuan yang baik tentang peraturan bangunan, dan pemahaman tentang struktur bangunan, agar proyek menjadi aman, layak huni, dan fungsional. Spesialisasi dari Arsitektur adalah:

  • Seni desain
  • Desain industri
  • Ilmu arsitektur

Arsitek interior dapat memotong atau mengupas bagian dalam struktur yang ada dan kemudian membangunnya kembali untuk mengakomodasi tujuan yang sama sekali berbeda. Misalnya, blok kantor lama dapat direnovasi dan dikonversi menjadi blok apartemen modern. Dan meskipun bangunan itu mungkin mempertahankan desain eksteriornya yang sudah ada, transformasi interiornya mungkin sesuatu yang sangat indah. Ini disebut sebagai “penggunaan kembali secara adaptif” dari cangkang bangunan.

Bekerja sebagai arsitek interior sedikit lebih menantang daripada menyediakan layanan desain interior. Dibutuhkan tingkat keterampilan yang tinggi dan kemampuan untuk mengerjakan proyek-proyek besar, memenuhi tenggat waktu yang ketat, dan berkomunikasi dengan konsultan, pembangun, teknisi, kontraktor, dan klien ‘besar’ (terkadang sulit) dengan anggaran yang sangat besar.

Ringkasan Perbedaan Antara Arsitektur Interior dan Jasa Desain Interior

Pengetahuan yang lebih dalam dan kemampuan teknis adalah perbedaan utama antara kedua layanan tersebut sehingga jika Anda bercita-cita untuk menjadi bagian dari profesi yang menguntungkan ini dan secara teknis cenderung memiliki derajat yang adil; Anda dapat memutuskan untuk belajar desain interior. Namun, jika Anda memiliki keterampilan teknis dan arsitektur yang baik selain sangat kreatif, Anda dapat memilih untuk menjadi arsitek interior.

Dan meskipun profesi desain interior telah ada jauh lebih lama daripada arsitektur interior, minat yang terakhir telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan semua bahan baru seperti sumber daya ramah lingkungan, gerakan ‘desain hijau’, teknik baru, dan teknologi terkini seperti langit-langit kaca, lantai, dan dinding arsitektur, termasuk teknologi baru untuk pemanasan dan penerangan, desainer interior dan arsitek interior telah menemukan hal baru yang menarik cara untuk merencanakan dan merancang ruang interior untuk keuntungan besar bagi manusia yang harus berinteraksi dengan baik dalam batas-batas cangkang bangunan.